Pendadaran Calon Warga PSHT Seluruh Bali

PSHT di seluruh Bali berhasil mengadakan Pendadaran calon warga pada 19 Agustus 2018 berlangsung di 2 tempat yaitu Jembrana dan Denpasar, Bali. Hampir 200 calon warga PSHT berkumpul untuk laksanakan ujian ajaran PSHT.

Pendadaran PSHT Bali

Untuk Jembrana, mengambil tempat di SD 2 Pulukan dan untuk Denpasar mengambil tempat di Lapangan Kapten Japa.

Selama hampir 3 tahun para siswa dapatkan ajaran pencak silat. Sebuah pendidikan untuk sehat raga, mempertebal rasa percaya dan mengenali diri.

Mereka belajar senam, jurus, kripen, senjata dan kerokhanian, dimana ada waktu untuk ujian (pendadaran) menandakan mereka cakap dan bisa lolos jadi warga (anggota) SH Terate.

Pada kesempatan pendadaran ini, Hendra W Saputro selaku anggota Dewan Pertimbangan PSHT Cabang Badung memberikan pembekalan kepada para calon warga PSHT:

Yth, Adik adik calon warga Persaudaraan Setia Hati Terate

Untuk apa kalian ikut pencak silat SH Terate? Diantara kalian ada yang bilang untuk memperbaiki diri. Ada yang bilang karena ingin besarkan organisasi. Yang wanita bilang: agar bisa membela diri.

Bagus! Itulah suara murni dari hati kalian. Pendapat sanubari setelah lelah di uji pada pendadaran test pra warga. Saya lihat ketulusan itu dari pandangan sayu mata kalian.

Semua senam, jurus, kuncian, teknik senjata dan kerokhanian sudah kalian dapatkan. Habis ini kalian akan pengesahan. Bakal jadi warga, anggota PSHT!

Saya berpesan!, kalian akan temukan 3 hal setelah ini yaitu: Ajaran, Sosial, dan Organisasi.

Ajaran adalah budi pekerti, sosial adalah hidup bersama saudara dan masyarakat, organisasi adalah alat untuk besarkan cita dan asa SH Terate.

3 hal itu punya payung besar bernama PERSAUDARAAN. Hal yang pasti dalam 3 hal itu adalah perubahan. Beda kepala beda pendapat. Itu hal biasa!

Namun jika perbedaan itu kalian bawakan hingga merusak PERSAUDARAAN, maka kalian pengecut! Sok koar-koar nyinyir di belakang, di medsos tapi batasi diri dari inisiatif silaturahmi, itu pecundang tak bernyali!

Apapun itu perbedaan yang terjadi, kita semua tetap saudara. Segala bentuk sikap yang berseberangan, sikapi dengan ajaran budi pekerti berlandaskan persaudaraan. Tetaplah menebarkan kebaikan, inisiatif berkontribusi positif dan tetap berpegang teguh berani karena benar!

Indonesia menjadi besar dan membanggakan karena ada azas Pancasila dan UUD 1945. Begitupula kita, PSHT tetap jadi besar karena ada AD/ART sebagai acuan. Sebagai warga yang berpendidikan, kalian wajib melek dan faham isi AD/ART organisasi PSHT. Jangan berpegang pada isu dan kabar burung. Juga jangan tunduk buta pada pelatih. Jika kalian benar, sampaikan dengan santun dan bijaksana berlandaskan Persaudaraan!

Yuk bagikan!

About SH Terate

Shterate.com, Portal jurnalisme warga Persaudaraan Setia Hati Terate. Berkabar tentang ajaran dan kegiatan yang berbudi luhur.