Berorganisasilah Secara Benar, Elegan dan Taati Semua Aturannya

Hampir 90% gagalnya sebuah organisasi adalah adanya ketidaktaatan anggota terhadap aturan yg sudah dibuat bersama.

Seperti kita tahu bahwa setiap organisasi memiliki aturan yg dibuat bersama2 utk mengikat seluruh anggotanya yg memiliki latar belakang yg berbeda2. Aturan tersebut biasanya dinamakan AD/ART.

AD/ART dibuat pastinya melalui sebuah rapat/musyawarah yg biasanya memiliki jadwal tertentu yg sudah disepakati bersama.

Didalam rapat/musyawarah tersebut di usulkan semua aturan2 yg mengakomodir seluruh kepentingan anggota sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan yg ingin di capai oleh organisasi tersebut. Jika sudah di sepakati maka hasilnya di tetapkan sebagai aturan organisasi yg final dan mengikat semua anggotanya.

Ketika sudah ditetapkan pasti hasilnya tidak bisa memuaskan semua pihak. Sekecil apapun pasti masih ada yg memiliki ganjalan. Ini adalah sebuah hal yg wajar dalam sebuah aturan AD/ART karena tidak semua keinginan bisa ditampung dengan pertimbangan2 tertentu.

Banyak faktor penyebab diantaranya adalah terlewat pembahasan, ketidakpahaman peserta, usulan yg tidak tertampung, dll.

Lalu bagaimana caranya jika masih terjadi ketidakpuasan sementara hasil sudah di putuskan dan sahkan?

Berikut pandangan elegan jalur yg bisa ditempuh :

1. Tempuh jalur kekeluargaan, ini adalah jalur yg paling ringan dan sangat di anjurkan karena hasilnya bisa memunculkan rasa kasih sayang.

2. Lihat kembali aturan mainnya dalam AD/ART karena setiap AD/ART pasti memuat tata cara bagaimana menyampaikan pendapat, tindakan pelanggaran, sangsi, dll. Nah ikuti semua mekanismenya dengan baik dan jangan sekali2 keluar dari koridor aturan yg ada. Sekali kita keluar dari koridor aturan yg ada maka bisa dipastikan organisasi tersebut akan gaduh dan pecah bahkan bubar.

Bagaimana jika dalam AD/ART tidak ada aturan yg mengatur? Maka jadikan ini catatan utk dibahas saat rapat/musyawarah berikutnya.

3. Tempuh jalur hukum dan ikuti semua prosesnya sampai incracht.

4. Tunggu saatnya rapat/musyawarah periode berikutnya.

5. Jangan sekali-sekali menempuh cara2 yg inkonstitusional, karena jika ini yg ditempuh maka akan terjadi perpecahan, permusuhan dan bubarnya organisasi.

MARI BELAJAR BERORGANISASI DENGAN BENAR DENGAN CARA YG PROFESIONAL DAN ELEGAN.

Selfreminder
Ngajidiri
keSHan

Yuk bagikan!

About Humas PSHT

Humas PSHT kepengurusan 2016 - 2021