Kejurwil PSHT se-Sumatera Kemenpora Cup I

Road to PSHT International Championship RM Imam Koessoepangat Cup

Kota Jambi (15/12). Perwakilan Pengurus Pusat PSHT Provinsi Jambi beserta seluruh Cabang PSHT se wilayah Jambi akan menyelenggarakan event akbar yakni Kejurwil PSHT se Sumatera I memperebutkan Piala Kemenpora RI. Event tersebut akan digelar pada 16-19 Desember 2019 bertempat di Gedung Judo Kota Jambi.

PSHT Jambi sadar terhadap pentingnya mencari bibit-bibit atlet berprestasi sejak dini mungkin melalui gelaran kejuaraan PSHT Cup yang diselenggarakan secara rutin. Melalui dengan event ini, para atlet PSHT se pulau Sumatera akan uji nyali sekaligus mental bagaimana bertarung secara sportif di gelanggang.

Keterlibatan para atlet PSHT dalam kejuaraan internal seperti ini juga akan menambah jam terbang dan pembentukan karakter seorang atlet. Kematangan dalam bertanding akan sangat berpengaruh pada keikutsertaan mereka dalam event lintas perguruan silat baik nasional, regional dan internasional.

Sebanyak lebih kurang 300 atlet PSHT akan menjadi peserta Kejurwil se Sumatera kali ini. Para kontingen dari beberapa provinsi seperti Sumatera Selatan, Riau, Kepri, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung dan Jambi sendiri sudah mulai hadir di Kota Jambi, jelas Wapul, Ketua Panitia ajang bergengsi ini.

Acara pembukaan pada Senin, 16 Desember 2019 akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Asisten Deputi Kemenpora RI, Bapak Risdiamon. Hadir pula Ketua Umum Pengurus Pusat PSHT, Kangmas DR. Ir. H. Muhammad Taufiq, SH, M.Sc dan Ketua Majelis Luhur PSHT Kangmas Ir. H. RB. Wijono bersama jajaran pengurus pusat. Panitia juga mengundang Gubernur dan jajaran Forkopimda Provinsi Jambi dan Walikota Jambi beserta jajaran Forkopimda Kota Jambi.

Kejurwil PSHT se Sumatera ini sebagai rangkaian kegiatan menyambut Kejuaraan Dunia PSHT memperebutkan Piala RM Imam Koessoepangat pada Desember 2020 mendatang. Dan kejuaraan ini akan disusul oleh provinsi-provinsi lainnya. Kita ingin mempelopori, mempromosikan dan melestarikan budaya pencak silat ke seluruh dunia. Sebagai diketahui bahwa pada 12 Desember 2019 lalu Pencak Silat sudah resmi diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia tak benda. Sehingga momentum ini menjadi spirit dan motivasi bagi PSHT untuk semakin semangat mengembangkan pencak silat sebagai bagian integral dari pendidikan karakter bangsa, tegas Ketua Umum PSHT.

Dalam kesempatan yang baik ini Pengurus Pusat PSHT juga akan memberikan gelar Warga Kehormatan kepada Brigjen Pol Drs. Dul Alim, MH, Kepala BIN Daerah Jambi karena telah berkontribusi luar biasa dalam mengembangkan dan melestarikan pencak silat sebagai warisan budaya bangsa Indonesia. Semoga dengan pengangkatan beliau dapat menjadi komitmen bersama untuk terus mengembangkan olah raga pencak silat di wilayah Sumatera. Sehingga dapat mengharumkan nama bangsa dan negara di kancah internasional.

Disela-sela event kejuaraan tersebut juga akan digelar kegiatan sosial seperti donor darah dan Kopdar Komunitas Warga PSHT seperti Korlap, Terjal, Paspamter dan Kobra (Komunitas Bela Negara PSHT). Mereka akan menggelar deklarasi Anti Narkoba, Anti Terorisme dan Radikalisme sebagai wujud gerakan bela negara dan memayu hayuning bawana.

Yuk bagikan!

About Humas PSHT Pusat Madiun

Humas PSHT Pusat Madiun Kepengurusan 2016 - 2021