PARA JAWARA PSHT MENGGERUDUK KANTOR DESA SELERONG

Ada pemandangan yang tak lazim pada hari minggu (16/08/2020) di kantor desa Selerong Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser-Kalimantan Timur. Ratusan para jawara silat menggeruduk kantor desa Selerong. Mereka merupakan para Warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) dan Calon Warga PSHT pengesahan tahun 2020.

Dengan memakai baju sakral lengkap dan membawa ayam jago, para calon warga PSHT itu berbondong-bondong mendatangi kantor desa Selerong. Mereka terlihat menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,  sebelum masuk ke area kantor desa, mengikuti protokol kesehatan sesuai arahan gugus tugas penanggulangan Covid 19.

(Photo: Kegiatan Tes Ayam di Ranting Muara Komam)

Ratusan warga (pelatih) ikut pula mendampingi para cawarnya . Terlihat beberapa warga menggunakan kaos komunitas seperti Korlap dan Terjal. Mereka datang dari beberapa rayon yang ada di Muara Komam dan bahkan warga PSHT dari wilayah selatan- KALSEL, ikut hadir pula mengawal jalanya kegiatan.

Apakah yang dilakukan massa organisasi PSHT itu, dengan berbondong-bondong ngeluru ke kantor desa Selerong?

Usut punya usut, Menurut penjelasan Dewan Penasehat PSHT Ranting Muara Komam (Husnus aqrobin, S.Pd) ternyata para pendekar PSHT itu sedang melakukan agenda kegiatan PSHT Cabang Paser, Yaitu melaksanakan tes ayam jago.

Pada kesempatan itu pula ketua PSHT cabang Paser (Muhammad Solihin,S.Pd) menjelaskan bahwa ada beberapa agenda kegiatan yang harus dilalui siswa PSHT untuk menjadi warga (anggota) PSHT, Salah satunya adalah mengikuti tes ayam jago.

(M. Solihin,S.Pd: Ketua PSHT Cabang Paser sekaligus Dewan Pengetes Ayam, Saat mengetes ayam Cawar )

“Ayam jago tersebut harus sehat tidak ada cacat. Karena akan dipergunakan acara syukuran pada saat wisuda nanti.” Pungkas Muhammad Solihin, S.Pd menjelaskan

Dalam kegiatan tes ayam kemaren, dihadiri pula oleh bapak kepala desa Selerong (Norjani) selaku pemangku kebijakan di desa tersebut.  Beliau sangat mendukung agenda yang dilaksanakan pengurus PSHT Ranting Muara Komam dan pengurus PSHT Cabang Paser.

(Mas Zain Haryadi Dewan Penasehat PSHT Cab. Paser Bersama Kades Selerong, Mas Norjani)

 

Bentuk dukungan beliau adalah dengan memfasilitasi seluruh kegiatan dan  beliaupun hadir dari awal pembukaan kegiatan hingga berakhirnya agenda tes ayam tersebut tanpa beranjak pergi.

“Saya berpesan, baik buruknya PSHT ada dipundak adik-adik calon warga. Kalian harus menjaga persaudaraan dan  ikut serta memayu hayuning bawono” begitulah salah satu pesan yang disampaikan oleh bapak kepala desa Selerong.

Beliau paham betul tentang organisasi PSHT, tenyata beliau adalah warga PSHT pengesahan tahun 2015. Beliau menjabat sebagai kepala desa Selerong untuk periode kedua kalinya.

Hadir pula dewan Pertimbangan PSHT cabang Paser sekaligus sebagai dewan pengetes ayam, Kang Mas Drs. Zain Haryadi, M.Pd, M.Si. beliau berpesan kepada seluruh calon warga untuk menjaga nama baik organisasi dan selalu menjunjung tinggi rasa persaudaraan.

Diakhir-akhir kegiatan ketua PSHT ranting Muara Komam (Sairi) berpesan kepada seluruh warga PSHT dan cawar untuk tetap berorganisasi sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pengurus PSHT pusat dan selalu menjaga nilai-nilai persaudaraan. Kegiatan ditutup dengan berdoa bersama, berjabat tangan  dan berfoto bersama.

Yuk bagikan!

About M Solihin

PSHT Cabang Paser-KALTIM