PSHT dan Polres Paser Komitmen Jaga Kamtibmas Bersama

Organisasi pencak silat, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Paser, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur berkomitmen menjaga Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Rabu, (29/09/2021) Ketua PSHT Cabang Paser, Muhammad Solihin beserta jajaran pengurus cabang melaksanakan silaturahmi ke Polres Paser dalam rangka menemui Kepala Satuan (Kasat) Intelkam, Iptu Rahmad Wiwid, SH. Tujuan pertemuan ini untuk berkordinasi, meminta petunjuk, dan berkomitmen membantu kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di bumi daya taka, Kabupaten Paser.

Solihin menjelaskan, PSHT merupakan organisasi yang mengedepankan budi luhur dalam bertindak dan bersikap. “Kami akan terus ikut serta menjaga ketertiban dan keamanan wilayah sesuai semboyan kami, Memayu Hayuning Bawono,” ungkapnya dihadapan Kasat Intelkam.

Sebagai informasi, Kasat Intelkam Polres Paser baru saja dilantik tiga bulan lalu. Pria bertubuh ideal ini diamanahkan sebagai pucuk pimpinan dalam menyelenggarakan dan membina fungsi intelijen bidang keamanan di Polres Paser.
Dalam audensi tersebut, Kasat Intelkam banyak memberikan arahan dan edukasi kepada ketua PSHT Cabang Paser beserta jajaran pengurus cabang tentang peranan dan keberadaan instansi kepolisian ditengah-tengah masyarakat serta pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah.

“Keberadaan kami berupaya memberikan keamanan dan ketertiban masyarakat serta bertanggung jawab melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta penegakan hukum. Semua warga negara berhak berserikat, berkumpul serta mengeluarkan pendapat dengan tidak melanggar undang-undang yang ditentukan,” tegas Iptu Rahmad.

Dia menerangkan, dalam dinamika organisasi PSHT, pihaknya tidak akan ikut campur masuk kedalam pusaran masalah internal organisasi. “Sebagai aparat penegak hukum, kami berdiri di tengah-tengah dan bersikap netral. Kepentingan kami hanya satu bagaimana menjaga kabupaten Paser tetap kondusif dalam keadaan aman, tertib dan damai,” tambah alumnus Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 2013 ini.

Lebih lanjut Kasat Intelkam mengizinkan ketua cabang PSHT dan anggotanya menjalankan tugas sesuai program pusat dari ketua umumnya masing-masing. “Jangan pernah mengganggu satu sama lain, apalagi sampai memaksa kehendak hingga membuat kegaduhan di masyarakat. Biarkan pengurus pusat menyelesaikan polemik internal dijalur hukum,” tuturnya.

Seperti yang telah diamankan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 30 ayat (4) dijelaskan bahwa kepolisian Republik Indonesia merupakan alat Negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta bertanggung jawab melindungi, mengayomi, melayani masyarakat serta penegakan hukum. Semua warga Negara berhak mendapatkan pelayanan dari kepolisian seperti yang diamanahkan Undang-Undang Dasar.

“Jika ada kelompok yang melakukan tindakan pidana melawan hukum, maka akan kita proses secara hukum,” pungkas Iptu Rahmad.

Harapannya, PSHT Cabang Paser beserta jajaranya berkomitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, dan kedamaian di bumi daya taka, kabupaten Paser. Semoga Kabupaten Paser selalu dikaruniakan keamanan, kedamaian dan keberkahan. (*)

Yuk bagikan!

About Humas PSHT

Humas PSHT kepengurusan 2016 - 2021