PSHT Dapat Kunjungan dari Dinas Jasmani TNI AD (Disjasad) di Detasemen Kavaleri 4/SHIMA Pasupati KODAM IX/UDAYANA

Ada berbagai macam dan banyak ragam seni beladiri yang ada saat ini didalam negeri ataupun manca negara, dan yang ditunjuk oleh kesatuan TNI Angkatan Darat ada empat yaitu: taekwondo, karate, judo, pencak silat. Beladiri di TNI AD khususnya Kostrad yang saat ini sebagai panutan dan kekuatan prajurit adalah beladiri militer dan pencak silat nusantara. Pencak Silat saat ini merupakan ajang beladiri yang mulai banyak diminati dikalangan masyarakat luas.

Salah satu kebanggaan mengikuti latihan pencak silat juga dikarenakan beladiri ini merupakan seni beladiri asli Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan beladiri – beladiri dari luar negeri. Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) menjadi salah satu beladiri yang masuk di Detasemen Kavaleri (Denkav) 4/ shima pasupati (SP), Kodam IX/Udayana.

Pencak silat PSHT di Denkav 4/SP Kodam IX/ Udayana – Bali menjadi salah satu tujuan Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat (Disjasad) melaksanakan kunjungan kerja dalam meninjau aktifitas latihan beladiri diseluruh kesatuan TNI AD terkait aktifitas yang ada salah satunya di Denkav 4/SP Badung, Bali.

Dalam Kunjungannya ini, Disjasad yang diwakili oleh Mayor Inf. AA dan Serka Muldiansyah disambut oleh Kasilat jasdam IX/UDAYANA berserta perwira staf dan Dansi Maden Denkav 4/SP Kodam IX/UDAYANA di Tuban, Badung, hari Jumat, 20 November 2020.

Sebelum itu Disjasad menerima paparan tentang pencak silat di Denkav 4/SP, Kodam
pelatih pencak silat PSHT diruang rapat. Dimana beliau Mayor Inf. AA yang pernah mengikuti latihan di masa mudanya sehingga sedikit paham tentang organisasi PSHT walaupun tidak selesai menjadi warga PSHT. Setelah itu tim pencak silat bersiap untuk mulai melaksanakan demo di lapangan Denkav markas Denkav 4/SP, guna memperlihatkan kemampuan prajurit Denkav 4/SP dalam menguasai pencak silat.

Pengurus Cabang PSHT Kabupaten Badung yang juga Pengurus PP Provinsi Bali diwakili oleh sdr. Cipto Wiyono mengatakan, bahwa latihan pencak silat ini dilaksanakan setiap tiga kali dalam seminggu, dan dikarenakan baru dibuka beberapa bulan terakhir dalam kondisi pandemi Covid 19 maka sementara hanya anggota bujangan, kedepan diharapkan anak-anak dan keluarga serta warga sekitar pun bisa ikut latihan bersama di lingkungan Denkav 4/SP.

“Pencak silat PSHT bukan hanya beladiri yang dapat melawan kejahatan tetapi juga dapat menambah tali Persaudaraan serta memupuk jiwa persatuan dan kesatuan. Karena dalam pencak silat PSHT terkandung aspek pembinaan yang sangat tinggi, seperti aspek mental dan spiritual, aspek beladiri, aspek seni dan budaya serta aspek olahraga,” pungkas Sertu Siswanto selaku Ketua Komisariat Denkav 4/SP.

Seperti tujuan PSHT yaitu: “Mendidik manusia berbudi luhur tau benar dan salah, serta beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”, tutupnya

Dinas Jasmani TNI Angkatan Darat (Disjasad) yang merupakan Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung dibawah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), berharap seluruh prajurit yang mengikuti latihan saat ini bisa diikut sertakan dalam setiap even kejuaraan yang di selenggarakan IPSI daerah maupun even nasional setidaknya menelurkan atlit – atlit potensial dari Cabang olahraga pencak silat khususnya. Pelatih, Pengurus Cabang serta Pengurus PSHT provinsi bali menyambut baik ide saran ini dan mendapatkan tantangan agar nantinya lebih konsisten dalam melatih bibit – bibit baru yang berpotensi demi memajukan olah raga pencak silat di kancah daerah, nasional maupun internasional, mengibarkan bendera kesatuan TNI AD serta Organisasi Perguruan Silat PSHT khususnya.

Pesan Kepala Disjasad Brigadir Jenderal TNI Khairul Anwar Mandailing, S,H., M.Tr (Han) yang sekaligus sebagai Kepala Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT) Bidang Jasmani TNI AD mengatakan, kedepan kerjasama akan dilakukan Disjasad membantu memfasilitasi tempat latihan Cabor-cabor. Khususnya, Cabor Karate, Taekwondo, Yudo, Tinju, Wushu, Pencak Silat dll.

Yuk bagikan!

About Humas PSHT

Humas PSHT kepengurusan 2016 - 2021