Situasi Covid 19, Pengurus PSHT-109 Cabang Paser Patuhi Protokol Kesehatan Dalam Agenda Syuro

Tanpa terasa bulan Muharram  sudah di pelupuk mata. Tahun ini 1 Muharram 1442 H, jatuh tepat pada tanggal 20 Agustus 2020. Masuknya awal bulan Muharram dalam istilah jawa di sebut malam 1 Syuro.

Masuknya bulan Syuro, Bagi Insan pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) merupakan bulan yang di nanti. Karena menjadi bulan sakeral untuk melakukan kegiatan pengesahan anggota baru.

Bulan Muharram juga merupakan simbol masuknya tahun baru hijriah bagi umat muslim, Bulan Muharram/Syuro  diharapkan sebagai sarana intropeksi diri untuk menata kehidupan lebih baik dalam mengarungi kehidupan satu tahun kedepannya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengurus PSHT Cabang Paser di ketuai oleh kang mas Muhammad Solihin, S.Pd menyambut dengan suka cita masuknya bulan syuro tahun ini, lantaran PSHT cabang Paser ikut serta menghantar dan mengawal adik-adik calon warga (cawar) baru melangsungkan pengesahan.

Ada beberapa rangkaian agenda PSHT Cabang Paser dalam menghantarkan adik-adik Cawar baru. Antara lain; Pendadaran (Tes akhir cawar baru), Tes ayam jago, Pemotongan ayam (ingkung) dan pengesahan (wisuda).

Dalam masa pandemi ini, pengurus PSHT Cabang Paser terus melakukan rangkaian kegiatan bedasarkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Corona yang semakin hari semakin meningkat tajam di Kabupaten Paser-Kalimantan Timur.

Maka pengurus PSHT Cabang Paser mendesain agenda kegiatan dengan tidak mengumpulkan jumlah massa banyak. Kegiatan  tahun ini dibagi menjadi beberapa zona, antara lain; Kecamatan Long Ikis, Kecamatan Tanah Grogot dan Kecamatan Muara komam. Dari ketiga Zona tersebut, wilayah sekitarnya bergabung ke masing-masing Zona.

Sebagai contoh Zona kecamatan long ikis bergabung ranting longkali, long ikis dan ranting lainya di sekitar wilayah zona terdekat.

Zona kecamatan Tanah Grogot bergabung ranting Kuaro, ranting Paser Belengkong, ranting Tanah Grogot dan ranting di sekitarnya.  Sedangkan Zona kecamatan Muara Komam bergabung ranting Batu Kajang, Muara Samu, Muara Komam dan Ranting di sekitarnya.

(Ketua PSHT Cabang Paser : Kang Mas Muhammad Solihin, S.Pd)

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk tidak berkumpul dengan massa yang banyak. Kami tetap mematuhi protocol kesehatan seperti yang dianjurkan penerapannya oleh pemerintah melalui tim gugus tugas penanggulangan Covid 19, seperti penggunaan masker, cuci tangan, memakai hand sanitizer, dan menjaga jarak. Kami terus berusaha menjaga keamanan, keselamatan dan kesehatan anggota kami. Kami telah ikhtiar dalam menjaga anggota kami agar tidak terpapar virus Corona, maka selebihnya kami pasrahkan kepada gusti Allah, semoga selalu diberikan kesehatan ” Ungkap ketua cabang PSHT Paser, Kang Mas Muhammad Solihin,S.Pd

Hari ini Minggu, (02/08/2020) Agenda tes ayam jago yang merupakan  salah satu syarat digunakan untuk pengesahan calon warga baru PSHT tahun 2020. Kegiatan hari ini dilaksanakan di Zona Kecamatan Long Ikis dan akan dilanjut untuk Zona kecamatan Tanah Grogot dan Zona kecamatan Muara Komam.

Dalam agenda hari ini, di dampingi oleh tim penguji yakni Kang Mas Drs. H. Zain Haryadi, M.Si. MM yang merupakan ketua dewan PSHT Cabang Paser dan Kang Mas Muhammad Solihin, S.Pd selaku ketua cabang PSHT Paser. Beliau berdua merupakan warga tingkat II.

“Kegiatan tahun ini sangat berbeda seperti tahun biasanya. Hal ini karena adanya pandemi virus. Maka seluruh insan PSHT dunia benar-benar terfokus menjaga keamanan, keselamatan dan kesehatan calon warganya dan juga warganya (pelatih). Maka kita terus tirakat dan berdoa agar keluarga besar PSHT dunia diberikan perlindungan serta memohon kepada Tuhan agar virus Corona segera berakhir di Negeri Indonesia ini “ ungkap Kang Mas H. Zain Haryadi selaku ketua dewan PSHT Cabang Paser.

Yuk bagikan!

About M Solihin

PSHT Cabang Paser-KALTIM