TRANSPARANSI ANGGARAN ORGANISASI, CARA BERSIH-BERSIH MAS TAUFIK.

(Ketua Umum PSHT : Dr. Ir. H. Muhammad Taufiq, Sh, M.Sc)

 

Siapakah gerangan lelaki berwajah teduh, senyum sumringah, dan berwibawa itu?

Beliau adalah Dr. Ir. H. Muhammad Taufiq, SH. M.Sc, ketua umum Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Atau beliau akrab disapa Kang mas Taufiq.

Di tahun 2016, beliau menerima amanah sebagai ketua umum PSHT Pusat yang ditetapkan oleh ketua majelis luhur (ML) Ir R.B Wiyono pada perapatan luhur (PARLUH) yang dihadiri oleh semua cabang se-antero nusantara.

Aura kesederhanaan diri Kang mas Taufiq sangatlah tergurat  sifat “Humble” (rendah hati).
Beliau sosok yang ramah dan bersahaja. Mas taufiq sangat sangat dekat sekali dengan hati poro dulur PSHT baik tua maupun muda. Pendidikan tinggi dan gelar akademik yang begitu banyak disandang beliau, tidak lantas membuat beliau jumawah dengan semua itu. Beliau sangat mencintai dan menghargai poro dulur PSHT.

Cara berpikir beliau sebagai seorang akademisi sangatlah sistimatis. Bekerja dengan banyak perhitungan dan kehati-hatian menjadi ciri beliau dalam menetapkan kebijakan organisasi.

Beliau sosok yang memiliki integritas, pribadi visoner, pekerja keras dan bertanggung jawab. Maka tentu sangatlah layak dan tepat jika beliau dinobatkan sebagai pemimpin organisasi besar, PSHT periode 2016-2021.

Melalui pengalaman beliau sebagai pengurus pusat sebelumnya dan pengalaman bekerja sebagai staff ahli kementerian koperasi, dan dilengkapai pula dengan Background pendidikan beliau. Maka mas Taufik diyakini akan mampu membawa Pencak Silat mendunia, melalui ide-ide cemerlangnya.

Salah satu Ide beliau adalah menjadikan  kota Madiun menjadi kampung pesilat dan akan mendirikan pula akademisi pencak silat. Baru-baru ini, beliau menggagas ide cemerlang yakni akan mengadakan even kejuaraan  pencak silat dunia.

Beliau seorang visioner, hal ini dapat dilihat dari cara berpikir beliau melalui ide-ide yang digagasnya. Beliau juga  bukan hanya memikirkan organisasi PSHT yang dipimpinnya semata. tapi lebih dari itu, beliau berpikir bagaimana PENCAK SILAT pada umumnya bisa mendunia. Beliau tidak membedakan aliran perguruan mana pun, ketika berbicara tentang pencak silat.

Mengapa pemikiran beliau jauh kedepan? tak lain dan tak bukan, beliau ingin pencak silat masuk sebagai olahraga yang diakui dunia, pastinya akan membawa harum Indonesia dikanca dunia.

Selain sebagai ketua umum PSHT beliau juga menjabat sebagai wakil ketua PB Ikatan Pencak Sikal Indonesia (IPSI) tingkat pusat (nasional) hingga sekarang.

Lelaki murah senyum itu merupakan alumni mahasiswa jepang dengan gelar Dokter disandang beliau. Artinya sudah sepantasnya organisasi besar seperti PSHT ini dipimpin orang yang memiliki kapasitas sebagai seorang leader yang memiliki visioner kedepan.

Beliau menginginkan transparansi anggaran dalam tubuh organisasi PSHT. Tapi sayang, ada kelompok-kelompok yang tidak sepaham dengan sepak terjang beliau dalam mewujudkan organisasi yang bersih dan transparansi.

Tentu keputusan mas Taufiq akan mengganggu posisi nyaman mereka (para oknum) yang menikmati ketidak terbukaan anggaran dalam tubuh organisasi PSHT selama ini.

Bukan rahasia lagi, banyak pengurus cabang diberbagai daerah khususnya ketua cabang yang menjadi raja kecil di daerah-daerah dengan menjabat ketua cabang seumur hidup tanpa pernah diganti.

Satu kalimat untuk beliau “MARI KAWAL BERSAMA TRANSPARANSI ANGGARAN” Sebagai wujud menolak upaya KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME dalam tubuh organisasi PSHT.

Save PSHT kepengurusan parluh 2016-2021 untuk menjadi organisasi yang transparasi dan bersih dari KKN.

 

Writer : Muhammad Solihin Lentera Dunia (Kang Lihin, LD)

Yuk bagikan!

About M Solihin

PSHT Cabang Paser-KALTIM